OrangUtan

orangutan1

Hewan mamalia ini hanya dapat ditemukan di hutan tropis dan rawa Asia seperti di pulau Sumatera dan Kalimantan (Borneo). Pongo abelii dan Pongo pygmaeus, adalah nama latin dari orangutan di Sumatera dan Kalimantan. Hewan yang digolongkan dalam kerabat kera ini, dipercaya memiliki kesamaan DNA dengan manusia sebanyak 97%.  Untuk keberlangsungan hidupnya, Orangutan hanya memakan tanaman seperti buah-buahan, daun-daunan, kulit, bunga, madu, tumbuhan merambat, tunas dari tumbuhan dan serangga kecil. Orangutan mulai berkembang biak pada umur 7-10 tahun.

101_2305

Orangutan sering disebut sebagai pemelihara hutan karena membantu menyebarkan biji tanaman. Saat memakan buah, mereka mengeluarkan bijinya bersama kotoran mereka. Biji-bji itu menyebar ke tempat yang luas. Orangutan juga membantu pertumbuhan pohon baru. Pohon membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh, namun karena hutan sangat lebat, sinar matahari terhalang sampai ke tanah. Akibatnya pohon-pohon kecil tidak mendapat sinar matahari dan terganggu pertumbuhannya. Saat makan atau membuat sarang, orangutan mematahkan dahan pohon dan mengambil daun-daunan. Bagian atas pohon menjadi terbuka sehingga sinar matahari dapat sampai di permukaan tanah.

101_2306

Sekarang Orangutan dalam keadaan terancam punah, karena populasi nya semakin menyusut dikarenakan deforestasi, pengalihan lahan hutan menjadi perkebunan atau pertambangan dan ilegal logging. Diperkirakan saat ini ada sekitar 23.000 populasi Orangutan di Kalimantan dan 17.000 populasi Orangutan di Sumatera.

101_1869

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s