Flamboyan, Bunga Berwarna Merah Cerah yang Mulai Langka

Flamboyan (Delonix regia), dikenal memiliki warna merah yang cerah. Dulu sewaktu saya kecil, saya melihat begitu banyak pohon flamboyan di sekitar kompleks perumahanku, dan di jalan-jalan besar. Ketika musim gugur, bunga-bunga, dan daun-daunnya akan berguguran, membuat suasana kelihatan sendu sekaligus romantis.

Ternyata bunga flamboyan ini dijadikan salah satu maskot kota Jakarta. Wajar, karena saat ini pohon dan bunga flamboyan sudah jarang ditemukan. Pohon-pohon di sekitar perumahanku sudah dirobohkan diganti dengan pohon lainnya.  Di tempat asalnya, Madagaskar, Afrika, pohon ini juga tengah terancam punah, karena adanya ancaman terhadap lingkungan tumbuhnya pohon.

Bunga yang memiliki nama latin Delonix regia, berasal dari bahasa Yunani, yang berarti berwarna cerah, dan berbentuk cakar, mengacu pada bunganya yang menyerupai cakar. Pohon ini umumnya berada di daerah subtropis dan tropis. Pohon ini memiliki bunga yang banyak, dan daun yang rindang, sampai berbentuk seperti payung, sehingga cocok dipakai sebagai pohon peneduh, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta.

Flamboyan ini tidak hanya berfungsi sebagai peneduh lho, ada beberapa manfaat lain yaitu meningkatkan mood, menghias ruangan, membuat perhiasan dari biji nya yang berwarna kecoklatan, batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bangunan, dan juga berpotensi  digunakan sebagai obat malaria karena kandungan alkaloid nya yang tinggi.

Leave a comment